Yuk Cari Tahu, Apa itu Virtual Private Server (VPS)

  • Whatsapp
Yuk Cari Tahu, Apa itu Virtual Private Server (VPS)

Teknologi saat ini semakin berkembang pesat. Salah satu upaya pemanfaatan teknologi masa kini adalah dengan membuat website untuk branding usaha maupun diri kita sendiri. Ada berbagai teknologi yang khusus dibuat untuk mengonlinekan website yang kita miliki seperti shared hosting, cloud hosting, dan Virtual Private Server (VPS).

Tahukah kamu apa saja perbedaan dari ketiga layanan web hosting tersebut? Jika belum mari kita kenali satu persatu.

Shared hosting merupakan layanan hosting yang bisa menampung banyak akun hosting dalam satu server yang sama. Jadi, jika kamu sewa shared hosting di Rumah Hosting, maka kamu akan berbagi dengan akun hosting lainnya dalam satu server di Rumah Hosting.

Berbanding terbalik dengan Cloud Hosting. Jika Shared Hosting hanya mengandalkan satu server untuk banyak akun, nah di Cloud Hosting ada banyak server untuk membackup akun hosting kamu. Jika satu server mengalami down, maka server lain akan menggantikan fungsinya. Cloud Hosting lebih unggul dari Shared Hosting karena jarang sekali mengalami down.

Sensasi menggunakan Cloud Hosting hampir sama dengan menggunakan Virtual Private Server (VPS). Mungkin sobat sudah penasaran, apa itu Virtual Private Server (VPS). Berikut kita akan lebih dalam mengenal layanan hosting yang super canggih ini.

Apa itu Virtual Private Server (VPS)

Virtual Private Server atau VPS adalah sebuah teknologi server yang bergerak di bidang sistem operasi dan perangkat lunak yang memungkinkan sebuah mesin dengan penyimpanannya yang besar untuk dibagi ke beberapa virtual mesin. Virtual mesin inilah yang akan digunakan untuk berbagai keperluan seperti cloud computing.

Di tiap-tiap virtual mesin bergerak secara mandiri dengan layanan sistem operasi dan perangkat lunak yang terkonfigurasi secara cepat.

Fungsi  Virtual Private Server (VPS)

Ada berbagai fungsi yang bisa digunakan melalui VPS ini, berikut ulasannya.

  1. Berguna sebagai Hosting Bagi Website

Bagi kamu yang mempunyai website dalam kapasitas besar baik dari ukuran web dan jumlah pengunjung, maka sangat disarankan untuk memakai VPS saja. Salah satu kegunaan VPS adalah sebagai hosting untuk website. Dengan menggunakan VPS, maka website kamu akan bekerja lebih cepat dan optimal. Tetapi, bagi kamu yang masih dalam tahap membangun sebuah website ada baiknya memilih layanan Shared Hosting atau Cloud Hosting dulu.

  1. Berguna untuk Menyimpan Data

Sebagai sebuah mesin virtual, VPS dapat menyimpan data dalam kapasitas besar. VPS ternyata bisa digunakan sebagai penyimpanan data layaknya situs penyimpanan data seperti zippyshare, google drive, mediafire dan lain-lain. Bagi perusahaan yang sangat membutuhkan tempat penyimpanan dalam jumlah yang besar, maka sangat disarankan untuk mencoba memakai Virtual Private Server (VPS).

  1. Bisa Digunakan sebagai VPN

Ada kabar gembira bagi perusahaan atau bisnis kamu yang memerlukan jaringan secara private, karena VPS bisa dijadikan sebagai Virtual Private Network (VPN). VPN sendiri merupakan jaringan yang didesain khusus untuk transfer data secara aman yang dilindungi oleh enkripsi server. Transfer data di perusahaan kamu dijamin deh lebih aman menggunakan layanan VPS yang bisa dijadikan VPN.

Demikian artikel mengenai Virtual Private Server (VPS) yang bisa kamu ketahui. Nah, bagi sobat yang sedang berada pada tahap membangun sebuah website, ada baiknya mencoba layangan web hosting dari Rumahhosting. Perihal fitur atau layanan yang diberikan, Rumah Hosting berusaha memberikan kualitas yang terbaik untuk kamu.

Related posts