Menjadi orang tua memang banyak suka dukanya. Karena tak jarang anak tidak selalu berada di kondisi terbaiknya, sehingga orang tua harus selalu tanggap dengan keadaan yang dialami oleh sang buah hati. Setelah menjadi orang tua, klinik maupun rumah sakit menjadi salah satu tempat yang sering dikunjungi untuk menemui dokter anak. Entah itu untuk memeriksakan kondisi anak yang sedang sakit, melakukan konsultasi rutin, mengecek tumbuh kembang anak agar sesuai dengan tahapan usianya, melakukan imunisasi dan vaksin, dan masih banyak lagi.

Dokter anak jakarta utara sering dikunjungi terutama saat masih memiliki anak di bawah satu tahun. Karena memang harus melakukan berbagai macam imunisasi dan vaksin untuk kekebalan tubuh si kecil. Dokter anak umumnya menangani permasalahan kesehatan dan penyakit pada anak dimulai sejak anak lahir hingga berusia 17 tahun. Sehingga dalam memilih dokter anak tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena akan menangani hingga anak berusia remaja.

Bagi orang tua yang masih memiliki anak pertama kali, memilih dokter anak yang tepat menjadi pekerjaan yang sulit. Maka dari itu, berikut ini untuk membantu dalam menemukan dokter anak terbaik, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan:

  • Meminta saran atau rekomendasi dari orang sekitar, termasuk dari dokter yang menangani sewaktu hamil.

Sebaiknya cari rekomendasi terbaik dari teman atau saudara yang pernah memiliki pengalaman terkait dokter anak. Bisa juga mencari saran atau rekomendasi dari dokter kandungan atau bidan sewaktu hamil. Tanyakan juga pada pihak rumah sakit tempat Anda sering berkonsultasi untuk mengetahui dokter mana yang terbaik sesuai kebutuhan Anda. Idealnya lakukan pencarian dokter anak ketika si kecil sudah menginjak usia 3 bulan atau sebelum lahir.

  • Pilih yang sepemikiran dan lakukan wawancara singkat.

Dari beberapa saran yang Anda dapatkan, baik dari teman, saudara, keluarga, atau dokter kandungan Anda, selanjutnya seleksi dokter anak manakah yang akan dipilih. Hal ini agar Anda mendapatkan dokter anak yang sesuai, baik dari segi tujuan dan pemikiran. Karena jika tidak sepemikiran akan cukup kewalahan dalam menerapkan berbagai anjuran yang diberikan oleh dokter anak tersebut di kemudian hari.

  • Pilih dokter anak yang komunikatif dan informatif.

Penting untuk memilih dokter anak yang komunikatif agar nantinya tidak cukup sungkan saat harus bertanya tentang kesehatan anak dan hal yang berhubungan dengan anak. Selain itu pastikan juga dokter anak cukup informatif dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan, karena ini akan sangat membantu dalam tumbuh kembang ataupun menjaga kesehatan anak.

  • Pilih yang memiliki lokasi dan jadwal praktek yang sesuai dengan Anda.

Bagi pasangan yang sama-sama bekerja, biasanya memiliki kesulitan untuk mengunjungi dokter anak di hari-hari biasa. Sehingga memilih dokter anak yang fleksibel dengan kondisi Anda dan pasangan sangatlah penting. Begitu juga untuk lokasi, sebaiknya pilih yang dekat dengan tempat tinggal agar jika sewaktu-waktu dibutuhkan, anak sesegera mungkin mendapatkan penanganan.

  • Kunjungi rumah sakit atau tempat praktek dokter anak yang bersangkutan.

Kunjungi langsung atau cari tahu berbagai informasi mengenai layanan yang diberikan, mulai dari sarana dan prasarana, suasana ruang praktek, bagaimana pelayanan dokter anak dan staf yang membantunya, dll agar mendapatkan dokter anak yang benar-benar sesuai.

Nah, itu tadi beberapa tips memilih dokter anak yang bisa Anda ikuti. Bagi yang berdomisili di Jakarta Utara, ada banyak sekali dokter anak terbaik yang bisa menjadi rekomendasi. Mulai dari dr. Margareta Komalasari, Sp.A yang praktik di Kemang Medical Center dan RS Pusat Pertamina, dr. Endah Citraresmi, Sp. A(K) yang praktik di Kemang Medical Center dan RSIA Harapan Kita, dan masih banyak lagi.