Mengenal Lebih Dalam Tentang Salon Mobil

  • Whatsapp
Salon Mobil

Berbagai cara melakukan perawatan terhadap body dan interior mobil , bukan hanya mesin dan komponen komponen yang menjadi  pendukung performa dan tampilan mobil,buat dunia otomotif khususnya indonesia banyak sekali cara merawat mobil kesayangannya,mulai dari mencuci bisa cuci salju hingga poles bodi di salon mobil istilah yang sedang in atau hit di dunia otomotif.Terutama mobil keluaran baru Daihatsu Terios selain desainnya yang futuristik cara perawatannya pun lebih mudah dan gampang.

   Saya juga akan tampilkan beberapa   jenis perawatan yang ditawarkan salon mobil kepada konsumennya, mulai dari cleaning, detailing, coating, dan lain-lain , berikut penjelasnya :

1. cleaning

 Setiap bagian mobil yang terdiri  dari eksterior, interior, hingga bagian mesin perlu sekali untuk di bersihkan mulai dari kerak dan debu yang menempel pada interior ,seperti karpet dan jok perlu di bersihkan karena kerak membandel yang mengendap dalam interior sangatlah sulit, berbagai teknik cleaning yang dipakai oleh salon mobil, mulai dari cuci mobil biasa, snow wash, dry wash, dan lain-lain.

Khusus untuk cuci interior cleaning dan karpet lebih fokus ke tanah dan debu,sedangkan untuk mesin  mesin atau engine cleaning, jangan lakukan di sembarang harus ke ahlinya karena sangat sensitif. Jika air sampai masuk dan debu mengendap ke ruang udara, otomatis air juga akan sampai ke ruang bakar sehingga menimbulkan masalah pada mesin(konsleting).

2. Detailing mobil

Detailing merupakan istilah  teknik perawatan mobil untuk mempercantik tampilan kendaraan. Teknik ini menggunakan polish atau poles (polish) dan waxing. Poles berfungsi untuk menghilangkan kotoran atau debu yang menempel pada cat mobil.

 Namun untuk poles  mobil jangan  terlalu sering karena akan membuat cat mobil Anda semakin tipis.di kasih jarak kurang lebih 1-2 bulan sekali

Adapun waxing merupakan perawatan dan perlindungan pada cat mobil. Waxing di khusukan untuk  menjaga permukaan cat mobil dari jamur as, noda, goresan halus pada mobil , dan lain-lain. waxing hanya memberikan proteksi terhadap cat mobil.fungsi wax  menjadikan warna cat mobil semakin cerah serta berkilau. untuk salon mobil yang sudah pro akan menggunakan mesin yang bergerak memutar seperti gerinda namun mata gerindanya di ganti  mengunakan kain atau bulu-bulu halus  untuk menggosokkan bodi mobil.

 3. Coating

Ada 2 Jenis  coating yang dipakai oleh pemilik mobil, yaitu nano coating dan ceramic coating.

Nano coating adalah  biasanya di gunakan untuk melapisi bodi mobil dengan cairan berkandungan khusus nano. Cairan ini akan menjaga cat mobil dari oksidasi.

Lain halnya  ceramic coating  memberi perlindungan lebih dengan cara melapisi permukaan cat mobil menggunakan cairan khusus keramik . Ceramic coating dianggap memberikan proteksi lebih baik pada cat mobil daripada nano coating.

Selain memberikan proteksi kepada cat mobil, ceramic coating juga sangat bagus untuk menjaga permukaan mobil jika terkena air hujan lebih licin ibarat air yang jatuh di daun eceng gondok,

4. Fogging dan fumigator

Perawatan  salon yang terakhir adalah fogging cocok untuk  merawat interior mobil sehingga kabin menjadi wangi dan segar. Before a  fogging, mobil harus dibersihkan dahulu supaya kotoran tidak tercampur saat dilakukan fogging.

Caranya pun ketika  fogging membutuhkan AC dan hembusan angin dalam pengerjaannya, supaya ada sirkulasi udara.  berguna untuk membunuh bakteri yang terdapat di dalam kabin mobil. Biasanya untuk salon mobil  juga akan menawarkan layanan fumigator fungsidan keuntungannya  untuk membasmi serangga yang mengumpat di dalam kabin mobil .