Mengenal Jenis Pipa Air Sesuai dengan Kebutuhan dan Tahan Lama

  • Whatsapp
Jenis Pipa Air

Pipa air paling banyak digunakan di rumah adalah pipa PVC. Tentunya harga pipa PVC tidak semahal harga pipa aluminium. Kebanyakan pipa Poly Vinyl Chloride (PVC ) tidak tahan terhadap panas sehingga pemakaiannya paling lama hanya dua atau tiga tahun saja.

Namun, semua bisa diakali jika memilih pipa PVC dengan kualitas bagus. Anda juga harus mengenal berbagai macam jenis saluran air agar mudah memilih pipa PVC sesuai dengan kebutuhan.

Saluran Pembuangan dan Air Kotor

Saluran air pembuangan biasanya terdapat pada kamar mandi, tempat cuci baju atau mencuci piring, dan lain sebagainya. Saluran buangan biasanya menggunakan pipa yang cukup besar. Untuk saluran pembuangan pipa yang paling baik digunakan adalah pipa berjenis AW dan D yang berukuran dua atau tiga inci sehingga saluran pembuangan tidak mengalami penyumbatan.

Berbeda dengan saluran pembuangan, saluran air kotor digunakan untuk pembuangan yang berasal dari kloset. Pipa yang digunakan haruslah berukuran besar minimal empat inci, sedangkan untuk jenisnya bisa menggunakan AW ataupun tipe D sesuai dengan yang dibutuhkan.

Saluran Untuk Air Bersih

Pipa air untuk saluran air bersih biasanya menggunakan pipa yang berukuran lebih kecil yakni tiga perempat atau setengah inchi saja. saluran air bersih biasanya untuk mengaliri air menuju keran air, shower, dan juga toren sehingga tidak membutuhkan tekanan air yang besar.

Jika tadi membahas masalah macam-macam saluran air yang memang wajib diketahui sebelum pemasangan pipa. Maka anda harus paham pula jenis pipa yang dibutuhkan tersebut.

Pipa air ada beberapa jenis yang akan digunakan sesuai dengan fungsinya.

Pipa PVC Tipe AW

Pipa PVC AW termasuk dalam jenis pipa air besar yang tebal. Pipa jenis ini sering digunakan untuk saluran air bawah tanah, pipa pembuangan, saluran air untuk kebutuhan rumah tangga dan sebagainya. Adapun daya tahan pipa PVC AW mencapai 10kg/cm2 sehingga tahan dengan tekanan air yang tinggi.

Pipa PVC Tipe D

Termasuk dalam jenis pipa air berukuran sedang, daya tampung dan ketebalan pipa AW memang cukup berbeda. Meski demikian, harganya yang murah dan pemasangannya yang mudah cocok digunakan untuk kebutuhan rumah tangga.

Pipa PVC tipe D sanggup menahan tekanan hingga 5kg/cm2. Oleh karena itu, pipa PVC tipe D cukup popular digunakan oleh masyarakat luas karena harganya yang ekonomis dan kualitas cukup baik.

Pipa PVC Tipe C

Untuk jenis pipa PVC tipe C merupakan pipa yang paling tipis diantara yang lainnya. Biasanya digunakan hanya untuk pelindung kabel listrik. Meskipun dapat digunakan untuk pipa saluran pembuangan, namun orang jarang memakainya karena daya tekanan tidak begitu besar dibanding dengan yang lainnya.

Tidak perlu bingung dalam memilih merek pipa air. Pipa air PVC Rucika menjadi solusi terbaik untuk penggunaan kebutuhan rumah tangga.

Related posts