Manfaat Paprika, Buah Sayur dari Negeri Paman Sam

  • Whatsapp
Manfaat Paprika

Paprika tidak terlalu banyak digunakan sebagai makanan sehari-hari di Indonesia, buah sayur ini lebih sering dijumpai pada topping piza atau sajian makanan western lainnya. Meski berasal dari Amerika, bukan berarti paprika sulit didapat, buah ini ternyata juga di tanam di Indonesia dan bisa dijumpai di jual di pasar maupun swalayan.

Paprika merupakan sayuran sumber nutrisi mulai dari vitamin C, A, E, K, B6, folat, potasium, antioksidan dan sebagainya. Tidak heran jika sayuran satu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan baik pula untuk diet.

Berikut manfaat mengonsumsi paprika bagi tubuh:

  • Menjaga Kesehatan Mata

Di dalam paprika terdapat senyawa bernama lutein dan zeaxanthin, yang merupakan karotenoid  dalam jumlah relatif tinggi. Senyawa tersebut mampu meningkatkan kesehatan mata jika dikonsumsi secara cukup.

Senyawa tersebut akan melindungi retina dari kerusakan oksidatif. Dalam sejumlah penelitian, makanan yang mengandung karotenoid mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula.

  • Mencegah Anemia

Anda sering mengalami anemia? Anemia umumnya disebabkan karena Kurangnya zat besi yang membuat tubuh jadi mudah lelah dan lemah. Paprika merah mengandung zat besi ditambah kandungan vitamin C yang mampu meningkatkan penyerapan zat besi di usus.

Konsumsi paprika mentah dan makanan yang kaya zat besi mampu meningkatkan simpanan zat besi pada tubuh. Maka tidak perlu lagi khawatir dengan risiko anemia.

  • Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Ancaman mematikan bagi tubuh saat ini adalah racun lingkungan berupa kerusakan radikal bebas sebagai salah satu penyebab perkembangan kanker pada tubuh. Paprika merah mengandung fitonutrien yang memiliki antioksidan kuat di dalamnya.

Dengan konsumsi paprika akan membantu mencegah berbagai jenis kanker di perut, paru-paru, usus besar, payudara, hingga prostat.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Konsumsi paprika merah yang diiris juga dapat membantu program  menurunkan berat badan. Satu cangkir paprika merah hanya mengandung 31 kalori dan tidak mengandung lemak maupun kolesterol.

Selain itu paprika merah mampu membakar lebih banyak kalori karena dapat mengaktifkan thermogenesis serta meningkatkan laju metabolisme.

  • Mengatasi Kecemasan

Kecemasan bisa dialami siapa saja dengan sebab yang beragam, mulai dari stres hingga gejala pra menstruasi. Konsumsi paprika merah dapat meredakan kecemasan karena kombinasi vitamin B6 dan magnesium pada paprika merah.

Selain itu kandungan vitamin  B6 juga sebagai diuretik alami, yakni sangat baik untuk mengatasi kembung dan mencegah hipertensi.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C yang dua kali lebih banyak dibandingkan varietas lainnya membuat paprika merah memberi manfaat yang banyak bagi kulit. Vitamin C tersebut membantu pembentukan kolagen yakni serat struktural yang berguna menyatukan sel mencegah kerusakan kulit.

Ada lagi, paprika merah sebagai sumber tiga karotenoid yang berguna melawan kanker: lutein, beta-cryptoxanthin, dan zeaxanthin. Kandungan lain yakni karotenoid membantu mengurangi pembengkakan akibat artritis karena kandungan silikonnya yang tinggi.

  • Menjaga Kesehatan Rambut

Berikutnya paprika merah juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut karena kolagen yang terbentuk dari vitamin C. Masalah rambut kering, rapuh, pecah-pecah, rambut rontok dan sebagainya dapat diatasi dengan mengoleskan potongan paprika merah pada kulit kepala.

Caranya, potong-potong paprika merah lalu rebus selama 10 menit dan dinginkan. Setelah dingin, oleskan pada kulit kepala lalu diamkan selama 30 menit sebelum dibilas.

Itulah manfaat paprika merah untuk kesehatan tubuh. Dapatkan paprika segar di TaniHub yang selalu menyediakan produk segar berkualitas langsung dari petani, kebutuhan dapur jadi makin mudah dijangkau dengan aplikasi.

Related posts