Seiring dengan berkembangnya zaman, membuat kebutuhan seseorang semakin bertambah banyak. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh gaya hidup yang juga tak bisa lepas dari berkembangnya zaman. Namun terkadang kebutuhan yang begitu besar tidak sebanding dengan penghasilan. Kondisi ini membuat seseorang membutuhkan dana tambahan dalam waktu yang mendesak. Untuk memenuhi dana pinjaman tersebut maka diperlukan lembaga keuangan yang terpercaya dan juga tanpa agunan. Saat ini trend pinjaman tanpa agunan memang sangat mencuat di masyarakat. Sebab pinjaman ini tidak membutuhkan jaminan dan prosesnya juga sangat mudah. Tapi sebelum anda mengajukan pinjaman tanpa jaminan sebaiknya ketahui kelebihan dan kekurangannya sebagai berikut.

Kelebihan Pinjam Uang Tanpa Agunan

Bagi anda yang berencana mengajukan pinjaman tanpa agunan maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu kelebihan pinjaman tersebut. Berikut ini akan dijelaskan kelebihan mengajukan pinjam uang tanpa agunan yang perlu anda ketahui.

  1. Praktis dan Tidak Pakai Jaminan

Sesuai dengan namanya, pinjam uang tanpa agunan merupakan salah satu program dari pihak bank untuk menanamkan rasa percaya pada nasabah dalam mengelola dana pinjaman dari bank. Uang pinjaman tersebut bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan mulai dari modal kerja maupun keperluan lainnya. Selain itu, program pengajuan pinjaman tanpa agunan ini merupakan strategi bank dalam menarik minat nasabah untuk mengajukan pinjaman uang. Dengan tidak menggunakan jaminan aset maka anda bisa menggunakan aset tersebut untuk keperluan lainnya. Meskipun tanpa jaminan, tetapi anda harus tertib membayar cicilan setiap bulannya sesuai waktu yang sudah ditentukan. Bila anda terlambat membayar cicilan maka pihak bank tidak berwenang menyita aset anda tetapi bank bisa melaporkan anda pada Bank Indonesia. Sehingga nama anda masuk dalam daftar negatif.

  1. Fleksibel untuk Berbagai Kebutuhan

Dengan mengajukan pinjaman tanpa agunan maka anda bisa fleksibel menggunakan dana pinjaman tersebut. Tetapi sebaiknya anda memakai dana pinjaman tersebut untuk kebutuhan yang benar-benar bermanfaat dan tidak hanya bersifat konsumtif saja. Hal ini juga bisa menghindarkan anda dari kredit macet.

  1. Pengajuan yang Cepat dan Mudah

Pengajuan pinjaman tanpa jaminan memang sangat mudah dan cepat yang pasti berbeda dari pengajuan pinjaman konvensional. Bahkan kini ada beberapa lembaga yang memberikan fasilitas pinjaman online sehingga dapat mempersingkat proses pengajuan pinjaman.

  1. Pencairan yang Cepat

Setelah pengajuan pinjaman berhasil disetujui maka anda bisa menunggu dana pinjaman tersebut cair dalam hitungan hari. Pastinya jenis pinjaman ini sangat cocok untuk masyarakat yang membutuhkan dana mendesak.

Kekurangan Pinjam Uang Tanpa Agunan

Selain kelebihan, pinjam uang tanpa agunan juga memiliki kekurangan diantaranya sebagai berikut.

  1. Suku Bunga yang Tinggi

Pinjam uang tanpa agunan ternyata memberikan suku bunga yang tinggi sebagai konsekuensi pengganti jaminan. Nasabah harus menyadari besarnya nilai suku bunga karena sebanding dengan risiko yang harus diterima pihak pemberi pinjaman. Tetapi besarnya suku bunga bersifat flat sehingga tidak akan mengalami perubahan.

  1. Plafon dan Tenor Terbatas

Plafon yang diberikan untuk pinjaman uang tanpa jaminan memang cenderung terbatas. Selain itu tenor pinjaman tersebut juag relatif pendek sesuai dengan jumlah pinjaman.

  1. Didasarkan Status Profesi dan Penghasilan

Biasanya pihak bank memberikan pinjaman pada pegawai tetap, profesional, karyawan tetap maupun pengusaha dengan penghasilan tetap. Selain itu pemberian pinjaman uang tanpa jaminan hanya berlaku bagi yang memiliki penghasilan minimal 2 juta rupiah perbulan.

Itulah tadi penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan pinjaman tanpa agunan yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda. Bila anda mencari lembaga penyedia pinjaman tanpa menggunakan jaminan maka Tunaiku adalah pilihannya. Selain itu Tunaiku memberikan persyaratan pengajuan yang mudah dan proses yang cepat sehingga dijamin bisa mengatasi masalah keuangan anda. Download aplikasi Tunaiku disini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tunaikumobile.app.