Kapan Bisnis Membutuhkan Software Akuntansi?

  • Whatsapp
Kapan Bisnis Membutuhkan Software Akuntansi

Dalam penggunaannya, software akuntansi tidak memberikan manfaat yang sama di setiap bisnis. Dalam bisnis kecil, yang mungkin hanya terdiri dari lima-sepuluh karyawan, dapat memberikan dampak yang signifikan, tetapi bisa juga tidak. 

Walaupun tidak ada ukuran pasti kapan bisnis Anda membutuhkan software akuntansi, jika Anda mengalami hal-hal di bawah ini, tandanya, bisnis Anda membutuhkan segera software akuntansi.

Sulit Mengurus Keuangan Sendiri

Biasanya, keuangan yang masuk akan Anda catat dalam tabel excel. Setiap hari Anda harus teliti dan memahami perhitungan secara baik. Dengan semua kuitansi dan catatan yang harus Anda cek, pasti akan sangat rancu untuk meminimalisir kesalahan. Terutama Anda harus mengurus bolak-balik ke bank. Proses ini akan memakan waktu banyak dan bisa-bisa intensitas Anda ke bank jauh lebih banyak dari perkiraan.

Jika Anda kewalahan untuk mengurus ini semua secara rapi dan teliti maka aplikasi akuntansi sangatlah cocok untuk dipakai.  Anda hanya perlu memasukan setiap transaksi dalam bisnis, selanjutnya, software akuntansi yang memasukan ke dalam laporan keuangan. Selain itu, software akuntansi juga dapat merekonsiliasi saldo laporan keuangan dengan saldo rekening bank.

Belum Memiliki Konsep Keuangan Bisnis yang Jelas

Penting untuk Anda mengerti bahwa konsep keuangan bisnis yang jelas sangat dibutuhkan. Jika Anda kesusahan untuk melacak uang yang Anda punya, maka software accounting  adalah jawaban yang tepat. Modal, perhitungan uang tunai maupun kredit, pinjaman bank, semua kadang terlupa terlebih jika tidak tertulis dengan rapi.

Bersama sistem yang jelas, Anda dapat mengatur bagian keuangan mana yang harus disisihkan, bagian mana yang dapat dikurangi anggarannya,  dan membuat tutup buku lebih mudah. Software akuntansi membantu Anda mengurangi waktu yang dihabiskan untuk kesalahan kecil yang menumpuk.

Tidak Mengelola Arus Kas dengan Baik

Banyak bisnis yang tidak mengelola arus kas secara maksimal, karena sebanyak apapun pemasukan bisnis, jika sebagian besar pemasukan berbentuk piutang, maka lama kelamaan, operasional bisnis akan bermasalah. Oleh karena itu, kelola arus kas dengan baik.

Software akuntansi membuat Anda dapat memantau arus kas bisnis di mana saja dan kapan saja. Hal ini juga membuat semua tagihan yang tak terbayarkan tidak menjadi bermasalah untuk keuangan bisnis di kemudian hari. 

Pengelolaan Faktur Bisnis yang Memakan Waktu

Dengan memakai software akuntansi Anda akan mempunyai catatan faktur yang tepat disiapkan oleh bisnis kecil untuk dirinya sendiri, dan software akuntansi dapat membuat proses yang Anda habiskan untuk menyusun faktur. Membuat faktur juga jangan sampai ada salah.  

Dengan begitu, Anda dapat memperkirakan arus kas masa depan dengan mudah serta melacak pembayaran terlambat dari catatan faktur. Software akuntansi bahkan membantu pembuatan faktur agar sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda supaya selalu terlihat profesional.

Jika Anda sedang menghadapi poin-poin di atas pada bisnis yang sedang Anda jalani, sudah waktunya Anda membutuhkan aplikasi keuangan untuk membantu laju keuangan bisnis Anda berjalan dengan baik. 

Software akuntansi online terbaik di Indonesia, Jurnal, akan memberikan Anda sebuah kemudahan yang akan sangat Anda nikmati. Berbasis cloud, sehingga laporan keuangan dapat diakses di gadget manapun. 

Selain itu faktur yang dibuat dan dicatat, memberikan informasi pelacakan persediaan, serta mengatur aset yang Anda punya. Satu hal yang paling menguntungkan adalah rekonsiliasi bank otomatis dengan cash link. Mengubah akun bank menjadi fitur Cash Link dari software akuntansi online Jurnal jadi dipastikan proses rekonsiliasi bank, otomatis.

Download accounting software terbaik di Indonesia, Jurnal untuk memulai bisnis yang sedang Anda buat. Laporan keuangan otomatis dengan banyak keuntungan dan aman!

Related posts