Cek Harga Promo Vaksin Pneumonia di SehatQ.com

  • Whatsapp
Vaksin Pneumonia di SehatQ

Pneumonia merupakan sebuah penyakit yang terjadi akibat infeksi virus, jamur, dan bakteri jahat. Akibat dari serangan infeksi ini paru-paru manusia akan mengalami peradangan. Jika diteliti lebih lanjut, penyakit pneumonia pada umumnya disebabkan oleh kuman yang masuk dan mengganggu saluran pernafasan manusia. Kemudian apabila sistem kekebalan tubuh manusia tidak mampu melawan kuman jahat tadi maka terjadilah infeksi. Selain disebabkan oleh kuman, pneumonia juga bisa terjadi akibat masuknya zat tertentu yang berbahaya kedalam paru-paru. Keadaan ini biasa disebut dengan pneumonia aspirasi (peradangan dan infeksi yang terjadi pada aspirasi paru-paru).

Untuk mengetahui secara lebih detail tiga penyebab penyakit pneumonia, berikut ada sedikit informasi yang bisa menambah wawasan kalian.

  • Pneumonia yang terjadi akibat jamur

Seseorang yang menghirup spora jamur dengan kadar yang banyak ternyata dapat berpotensi terkena penyakit pneumonia. Spora jamur yang biasanya banyak kita temukan pada kotoran burung dan tanah yang berada pada daerah lembab tidak bisa kita anggap sepele. Akibat dari jamur ini seseorang yang memiliki sistem imun yang lemah atau penyakit kronis bisa saja terinfeksi pneumonia. Beberapa jenis jamur yang dapat dapat menyebabkan pneumonia, yaitu Coccidioides, Cryprococcus, dan Histoplasma.

  • Pneumonia yang terjadi akibat virus

Pneumonia ternyata dapat ditimbulkan oleh beberapa virus penyebab sakit flu, pilek, dan batuk. Pada umumnya, penyakit pneumonia karena virus ini biasanya memunculkan gejala yang lebih ringan daripada pneumonia karena bakteri. Namun, meskipun demikian ada juga pneumonia akibat virus yang bisa memburuk keadaan tubuh dengan cepat, contohya infeksi virus Corona (SARS-CoV-2).

  • Pneumonia yang terjadi akibat bakteri

Bakteri pneumonia biasanya tidak menyerang keseluruhan organ paru-paru yang dimiliki manusia tetapi hanya sebagian saja. Bakteri berbahaya ini berupa Streptococcus pneumoniae, Staphylococcus aureus, dan Haemophilus influenza. Selain tiga bakteri ini, terdapat juga bakter-bakteri lain yang dapat menyebabkan pneumonia juga namun dengan kadar yang lebih ringan. Bakteri ini terdiri dari Legionella pneumophila, Chlamydophila pneumoniae, dan Mycoplasma pneumoniae.

Untuk mencegah penularan penyakit pneumonia ini diperlukan vaksinasi. Vaksinasi pneumonia diberikan pada anak-anak yang berusia 5 tahun kebawah dan bagi para lansia. Selain dua prioritas tadi pemberian vaksin pneumonia ini juga dianjurkan untuk diberikan kepada seseorang yang memiliki beberapa gejala medis seperti berikut ini:

  • Orang yang biasa merokok
  • Orang dengan daya tahan tubuh rendah, seperti akibat efek samping kemoterapi dan infeksi HIV
  • Orang dengan kelainan kongenital (kelainan bawaan lahir), seperti penyakit jantung bawaan
  • Orang dengan penyakit kronis, seperti diabetes, asma, dan gagal ginjal kronis
  • Orang dengan kelainan darah, seperti anemia sel sabit dan thalasemia

Vaksin pneumonia sendiri terdiri dari dua jenis yang diberikan pada seseorang sesuai dengan kondisi kesehatan dan usianya. Vaksin jenis pertama PVC13 Pneumococcal conjugate vaccine (PCV). Vaksin ini diperuntukkan bagi anak-anak yang berusia dibawah 2 tahun. Selain itu virus ini juga bisa saja diberikan juga pada orang dewasa. Yang kedua yakni, Pneumococcal polysaccharide vaccine (PPV). Jenis vaksin ini disarankan untuk diberikan pada lansia dan orang dewasa yang berisiko terinfeksi pneumonia. Meskipun demikian vaksin ini juga dapat diberikan kepada anak-anak dengan kadar dosis yang berbeda.

Untuk mendapatkan Promo Kesehatan vaksin pneumonia kalian dapat mencarinya melalui sehatq.com dengan harga Rp 865.000 saja. Untuk jangka waktu promonya masih berlaku hingga 31 Desember 2021. Untuk lokasinya sendiri terletak di RSIA Bundha Sejahtera, Kuta Baru, Kecamatan Pasar Kamis, Tangerang, Banten.

Related posts