Sekarang ini toko online tumbuh dengan sangat pesat. Hal ini bisa dilihat dengan banyaknya bermunculan toko online baik itu toko online yang dimiliki oleh perusahaan maupun toko online milik perseorangan. Apalagi ditambah dengan mudahnya akses internet dari berbagai perangkat dari desktop, tablet maupun smartphone membuat para pebisnis memanfaatkan momen kemajuan teknologi ini dengan membuka peluang usaha berjualan secara online untuk mendongkrak penjualannya. Nah, dalam kesempatan kali ini akan membahas tentang tips belanja converse online yang aman sebagai berikut ini :

  1. Teliti Website Toko Online

Pada saat akan belanja secara online, maka telitilah terlebih dahulu situs web tersebut. Dalam hal ini, lihat bagaimana tampilan situs tersebut apakah memiliki desain yang profesional atau hanya asal-asalan dibuat saja. Karena biasanya toko online yang terpercaya tentunya akan membuat situs toko onlinenya akan terlihat sangat menarik dan terpercaya, bahkan untuk markerplace ternama dan terpercaya akan memiliki aplikasi khusus yang bisa anda download di Playstore. Selain dari tampilan, anda juga perlu melihat apakah produk toko online tersebut update, dari stok, biaya pengiriman, perubahan harga dan cek juga deskripsi produk apakah dibuat secara detail dan sesuai dengan produk. Bukan hanya itu, lihat juga nama domain dari toko online tersebut apakah menggunakan domain berbayar atau hanya domain gratisan seperti terdapat embel-embel nama blogspot.com.wordpress atau yang lainnya.

  1. Kelengkapan Informasi

Tips selanjutnya adalah cari informasi penjual atau pemilik toko di halaman toko online tersebut, apakah situs tersebut milik perusahaan atau milik perseorangan, lihat secara detail apakah terdapat kontak yang bisa dihubungi baik itu nomor telepon yang tertera, Pin BBM, Messenger atau live chat. Selain itu, cari juga informasi nomor rekening, alamat toko real atau kantor dari toko online tersebut. Jika tidak terdapat informasi ini makan jangan lakukan pembelian di toko online tersebut.

  1. Baca Kebijakan Toko Online

Tips berikutnya adalah baca kebijakan toko online tersebut. Biasanya jika toko online terpercaya pasti akan memiliki kebijakan situs, walaupun anda menemukan halaman kebijakan situs, anda tetap harus membaca dengan teliti, dan jangan sampai di kebijakan itu ada beberapa poin yang merugikan anda sebagai konsumen. Selain itu, baca juga kebijakan tentang pengembalian barang. Karena pembelian secara online pastinya barang yang akan dibeli tidak bisa anda lihat secara fisik, maka di kebijakan tersebut harus ada tulisan yang berkaitan dengan garansi jika barang tersebut tidak sesuai dengan yang anda inginkan, misalnya barang cacat atau beda ukuran.

  1. Cek Keamanan Situs Web

Dalam hal ini, untuk meilhat keamanan situs web tersebut, maka lihat tanda berupa gambar di bagian alaman situs di url browser anda. Sebelum anda memasukkan informasi pribadi, periksa terlebih dahulu tanda gembok tersebut apakah ada atau tidak. Dan pada saat anda diminta untuk memasukkan informasi nomor kredit, maka lihat alamat situs web tersebut apakah berubah dari http ke ‘shttp’ atau ‘https’. Jika anda melihat alamat menjadi https maka informasi pembayaran itu dienkripsi dan itu aman bagi anda dan itu berarti bahwa situs toko online tersebut sudah menggunakan Sertifikat SSL.

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang tips belanja online yang aman, semoga ada guna dan manfaatnya bagi anda semua.