Apa Itu QRIS? Simak Manfaat dan Cara Penggunaannya!

  • Whatsapp

Sebagian besar dari kamu pasti sudah sering melakukan pembayaran secara non tunai. Bahkan mungkin ada beberapa aplikasi dompet digital ter-install di gawai mu. Cara bertransaksi ini memang memudahkan kita untuk melakukan berbagai transaksi, di mana saja dan kapan saja. Tapi saat ini sudah ada teknologi yang akan semakin memudahkan proses transaksi non tunaimu, yaitu QRIS Bank Indonesia. QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard.

Dari namanya, pengertian QRIS dapat dipahami sebagai sebuah teknologi yang menjadi standar kode QR nasional. Teknologi ini menyatukan berbagai kode QR yang dikeluarkan oleh masing-masing perusahaan teknologi finansial (fintech), seperti Gopay, OVO, Dana, dan lainnya.

Kegunaan QRIS

QRIS adalah hasil kerjasama antara Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) yang diluncurkan pada 17 Agustus 2019. Menurut pihak Bank Indonesia, kegunaan QRIS adalah memfasilitasi proses transaksi non tunai yang semakin marak digunakan oleh masyarakat agar efisien dan efektif.

Selama ini, masing-masing Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) memiliki kode QR nya masing-masing untuk mitra mereka. Sehingga, satu mitra atau merchant biasanya memiliki lebih dari satu kode QR. Hal ini pun terkadang masih memaksa konsumen harus membayar tunai jika tidak memiliki aplikasi PJSP yang sama dengan merchant.

Permasalahan tersebut membuat proses pembayaran non tunai tidak efektif. Oleh karenanya, teknologi ini hadir sebagai pintu pembayaran untuk semua. Bank Indonesia sendiri berharap agar fasilitas ini dapat menciptakan ekosistem yang ramah kolaborasi dalam bidang keuangan khususnya pembayaran non tunai di tanah air.

Keuntungan QRIS untuk merchant

Jika kamu pemilik usaha, kamu sangat diuntungkan dengan adanya teknologi yang satu ini.

Berikut keuntungan yang akan kamu rasakan.

Satu Mitra untuk Semua

Jika kamu pemilik merchant, kamu tidak perlu pusing lagi untuk mendaftar di berbagai PJSP agar dapat memaksimalkan pembayaran non tunai dari konsumenmu.

Kamu hanya perlu bermitra setidaknya hanya dengan satu PJSP.

Dan kamu sudah bisa menerima pembayaran non tunai dari konsumenmu meskipun mereka memiliki akun dompet digital dari PJSP yang berbeda.

Terhindar dari Penipuan

Sebagai pemilik merchant, mungkin kamu pernah menjadi korban pemalsuan uang.

Nah, dengan adanya cara bayar non tunai yang praktis ini, kamu dapat terhindar dari kemungkinan ini.

Selain itu, QRIS adalah produk Bank Indonesia yang tentunya aman untuk digunakan.

Tidak Perlu Menyediakan Uang Kembalian

Konsumen yang membayar berturut-turut dengan uang pecahan nominal besar akan membuat kamu sebagai pemilik merchant kesulitan untuk menyediakan kembalian.

Namun dengan QRIS, kamu tidak perlu repot-repot lagi mencari uang nominal kecil untuk kembalian.

Memudahkan Analisis Penjualan

Salah satu keuntungan menggunakan QRIS adalah tercatatnya transaksi secara otomatis.

Sehingga, kamu sebagai pemilik merchant akan mudah menelusuri dan menganalisis uang yang masuk.

Misalnya kamu akan dengan mudah mengetahui prime time pada merchantmu.

Mempermudah Kredit

Keuntungan QRIS lainnya adalah mempermudah kamu sebagai pemilik merchant untuk mendapatkan kredit kedepannya.

Sebab, dengan menggunakan QRIS berarti kamu sedang membangun credit profile untuk merchantmu.

Related posts