Dewasa ini, kebanyakan orang sudah menggunakan cara online ketika membeli tiket pesawat atau transportasi lainnya. Sehingga, tak perlu lagi datang jauh-jauh ke maskapai untuk membeli tiket. Dengan kecanggihan teknologi ini, tentunya sangat memudahkan siapa saja. Saat ini, bentuk tiket pesawat online hanya berupa selembaran berisi kode booking pesawat tersebut. Sehingga, Anda bisa naik pesawat dengan menunjukkan kertas tersebut.

Nah, bagi Anda yang belum bisa membeli tiket pesawat secara online, kini tak perlu khawatir. Berikut ini langkah-langkah membeli tiket pesawat secara online beserta keuntungannya.

Cara Membeli Tiket Pesawat Secara Online

Tak perlu khawatir karena tidak bisa, karena memesan tiket pesawat online sangatlah mudah. Adapun berikut ini caranya:

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu membuka situs pemesanan tiket baik menggunakan laptop atau smartphone. Setelah itu, pilih bandara asal dan tujuan serta masukkan tanggal keberangkatan. Tak lupa untuk memilih jenis penerbangan.
  2. Masukkan jumlah penumpang sesuai dengan kategori usia. Katehori usia yang tersedia disetiap maskapai yaitu dewasa, anak-anak dan bayi. Tak lupa untuk memilih mata uang dan klik “cari penerbangan”.
  3. Selanjutnya, pilihlah waktu penerbangan sesuai dengan keinginan dan pilih tarif tiket. Setelah itu, klik “Lanjutkan” untuk memproses pembelian tiket pesawat.
  4. Selanjutnya isi data pribadi secara lengkap dan klik “Lanjutkan” untuk menambah bagasi.
  5. Untuk mendapatkan asuransi, centang kotak yang tersedia. Setelah itu, pilih “Lanjutkan” jika tertarik untuk menggunakan asuransi.
  6. Langkah yang selanjutnya yaitu pilihlah kursi di pesawat. Perlu Anda ketahui bahwa asetiap letak kursi memiliki biaya yang berbeda. Jika tida tertarik, langsung klik “Tidak Pilih Seat” untuk beralih ke halaman selanjutnya.
  7. Langkah terakhir, pilih metode pembayaran seperti kartu debit, kartu kredit, voucher, ATM, kantor pos, dan minimarket. Klik “Lanjutkan” dan tunggi hingga data diproses. Setelah itu, cetak bukti pemesanan untuk membayar dengan metode pembayaran yang lainnya.

Keuntungan Membeli Tiket Pesawat Online

Saat ini kita hidup di jaman yang serba canggih, sehingga apapun bisa dilakukan dengan mudah  menggunakan internet. Seperti halnya ketika memesan tiket pesawat online, banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

  • Cepat

Memesan tiket dengan cara mengunjungi maskapai penerbangan atau agen travel secara langsung, memang sangatlah lama. Belum lagi harus mengeluarkan waktu perjalanan. Berbeda dengan membeli tiket secara online yang lebih cepat dan lebih mudah. Dengan adanya kecanggihan sistem informasi pemesanan tiket pesawat secara online, Anda akan dengan mudah mendapatkan informasi mengenai jadwal, rute perjalanan, lama perjalanan serta harga tiket. Semua hal tersebut bisa Anda lakukan ketika waktu luang dengan menggunakan smartphone atau laptop.

  • Kapan Saja dan Dimana Saja

Memesan tiket pesawat bisa Anda lakukan dimana saja dan kapan saja. Anda bisa memesannya melalui smartphone dan laptop yang sudah terhubung dengan internet. Bahkan, Anda bisa memesannya dimana saja tanpa harus pergi ke tempat penjualan tiket. Anda bisa dengan berbaring di kamar atau bahkan memesannya di tempat kerja.

  • Fleksibel

Membeli tiket pesawat secara online memang sangat fleksibel. Maksudnya, Anda bisa mencari tiket pesawat dengan tanggal keberangkatan sesuai dengan kebutuhan Anda. bahkan, melalui online Anda bisa mengetahui perbedaan harga tiket pada tanggal-tanggal tertentu. Keuntungan lain memesan tiket pesawat secara online yaitu Anda lebih bebeas memesan tiket kapan saja, bahakn sehari sebelum keberangkatan. Selain itu, bentuk tiket pesawat online ini juga sangat simple dibandingkan ketika memesan tiket secara manual. Bahkan, Anda tak perlu mencetak tiket tersebut, hanya pelu memperlihatkannya melalui ponsel.

  • Aman

Kebanyakan orang memilih membeli tiket secara online yaitu lebih terjamin keamanan data pemesanan tiket. Bahkan, memesan tiket secara online hanya perlu mencantumkan nama, nomor telepon, nomor identitas dan alamat email. Sehingga, Anda tak perlu mencantumkan data yang bersifat rahasia seperti status perkawinan dan tanggal lahir.

Bahkan, sistem pembayaran ketika membeli tiket online sangatlah aman dan terpercaya seperti sistem transfer atau menggunakan kartu kredit. Sehingga Anda tidak perlu membawa uang tunai ketika memesan tiket.

  • Menyediakan banyak pilihan

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan ketika membeli tiket pesawat secara online yaitu memiliki kebebesan untuk memilih maskapai sesuai dengan keinginan seperti tiket Air Asia, tiket pesawat City Link, tiket pesawat Lion Air, tiket pesawat Garuda dan lain sebagianya.

Keuntungan lainnya yaitu Anda bisa mendapatkan informasi mengenai adanya promo tiket pesawat dari setiap maskapai-maskapai tersebut. setiap maskapai juga memberikan sistem pembayaran yang memudahkan siapa saja seperti transfer, online banking dan kartu kredit.

  • Adanya diskon dan promo

Memesan tiket pesawat secara online memang banyak keuntungan. Bahkan, dengan cara online Anda bisa mendapatkan banyak promo dan diskon di waktu-waktu tertentu. Biasanya, setiap transportasi apapun menyediakan promo di hari-hari besa seperti libur panjang, hari raya dan tahun baru.

Dengan cara online, tentu saja akan lebih mudah melacak adanya diskon atau promo. Setiap harinya Anda bisa melacak adanya promo dan diskon melalui handphone atau laptop.

  • Menghemat Biaya Transportasi

Memesan tiket secara online, pastinya Anda tidak membutuhkan biaya trasportasi. Karena Anda bisa memesannya di rumah atau dimana saja sesuka Anda. berbeda dengan memesan tiket secara manual di maskapai atau agen perjalanan, pastinya Anda membutuhkan waktu dan juga membutuhkan biaya transportasi. Belum lagi biaya konsumsi ketika diperjalanan. Pastinya akan sangat ribet memesan tiket secara manual. Apalagi jika harus mengantri dan berdesak-desakkan. Memang sangat menguntungkan memesan tiket pesawat secara online.

  • Sistem pembayaran yang mudah

Memesan tiket secara online memang sangat menguntungkan, karena aman dalam hal pembayaran. Bahkan, sistem pembayaran ketika membeli tiket secara online juga sangat mudah dan transparan. Anda juga bisa melihat rincian harga tiket pesawat tersebut, apakah sesuai dengan fasilitas yang diberikan. Untuk mendapatkan tiket yang lebih murah, Anda bisa lebih mudah membandingkan dengan tiket pada maskapai yang lainnya.

  • Sistem pemesanan yang mudah

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa memesan tiket pesawat secara manual memang sangat ribet. Berbeda dengan memesan tiket pesawat secara online yang sangat mudah, bahkan bagi pemula. Hal terpenting yang tak boleh terlupakan ketika membeli tiket pesawat secara online yaitu memilih lokasi tujuan, tanggal keberangkatan, serta maskapai yang digunakan. Untuk langkah selanjutnya, cukup ikuti petunjuk-petunjuk yang ada, karena memesan tiket secara online sangatlah mudah untuk dipelajari siapapun.

Demikian langkah mudah membeli tiket pesawat secara online beserta keuntungan memesan tiket pesawat secara online. Jadi, kini Anda tak perlu khawatir dalam memesan tiket secara online. Mungkin terdengar sulit jika dibayangkan, namun terasa mudah jika langsung dipraktekkan. Bahkan, hanya membutuhkan waktu yang singkat untuk memesannya. Semoga bermanfaat.