Seluruh warga dunia memang tengah dibuat ketar-ketir dengan pandemi global yaitu Covid 19, penyakit yang menyerang sistem pernapasan manusia disebabkan oleh infeksi virus Corona. Kondisi yang tidak boleh disepelekan. Karena meskipun tampak seperti flu biasa, namun ternyata sangat mematikan. Di Indonesia sendiri tercatat per 06 April 2020 ini setidaknya sudah ada lebih dari 200 nyawa melayang disebabkan oleh virus tersebut. Sangat mungkin juga nantinya penyakit ini akan menjangkiti Anda dan juga keluarga tercinta di rumah.

Hanya saja memang berbagai macam upaya sudah dilakukan oleh pemerintah untuk mencegah terjadinya penularan secara lebih luas lagi. Termasuk dengan himbauan agar tidak mudik terlebih dahulu ke kampung halaman, apalagi bagi mereka yang berasal dari kota-kota besar yang sudah terjangkit virus tersebut. Corona memang memberikan dampak yang cukup besar pada masyarakat, khususnya adalah dari sektor bisnis atau ekonomi. Banyak diantara perusahaan yang mengalami kebangkrutan sehingga memaksa mereka untuk memberhentikan karyawannya.

Kondisi semacam ini membuat angka pengangguran juga cukup tinggi, sehingga mau tidak mau membuat pendatang juga harus pulang ke kampung halaman mereka, karena sudah tidak memiliki cukup uang untuk melanjutkan hidup di kota besar di tengah wabah virus Corona ini. sebenarnya tidak masalah, namun berikut ini ada beberapa tips mudik yang aman bagi Anda dan juga keluarga di rumah, yaitu:

  1. Hendaknya biasakan untuk senantiasa mencuci tangan atau paling tidak menggunakan hand sanitizer, apalagi selama berada di transportasi umum maka nantinya Anda akan berbagi banyak hal dengan orang lain, kemungkinan untuk tertular menjadi semakin tinggi. Jadi sangat disarankan untuk mencuci tangan menggunakan sabun secara teratur, guna mencegah terjadinya penyebaran virus tersebut.
  2. Menjaga jarak dengan orang yang tampak sakit, khususnya adalah bersin dan juga batuk, inilah yang patut untuk Anda waspadai, karena memang diantara gejala Covid 19 sangatlah mirip dengan flu biasa. Jadi hendaknya Anda menjaga diri dari orang-orang yang memiliki gejala sedang tidak sehat.
  3. Sebaiknya jangan menyentuh hidung, mulut maupun juga mata sebelum cuci tangan menggunakan sabun, area wajah tersebut adalah bagian yang paling riskan dijadikan sebagai tempat utama masuknya virus kedalam tubuh. Untuk itu maka sangat dianjurkan bagi Anda tidak menyentuhnya, apalagi ketika sedang dalam perjalanan.
  4. Setelah sampai di rumah hendaknya tidak langsung bersentuhan dengan anggota keluarga, ada baiknya bagi Anda untuk segera mandi sampai bersih dan juga mencuci sarana dan prasarana yang dibawa selama mudik tersebut. Karena kemungkinan membawa virus sangatlah tinggi, jika tidak segera dibersihkan maka bisa saja menulari orang lain yang ada di sekitar Anda.
  5. Pakailah masker selama berada dalam perjalanan, hendaknya selama perjalanan mudik tersebut Anda gunakan masker, untuk mencegah kemungkinan virus ini dapat masuk kedalam tubuh. Tertular oleh orang yang ada di sekitar Anda, khususnya adalah dari droplets orang yang sedang batuk ataupun bersin.
  6. Jika merasakan gejala-gejala Covid 19, maka segera mengkarantina diri di rumah, jangan menerima kunjungan dari orang lain dan konsultasikan dengan dokter. Kini Anda bisa konsultasi secara lebih mudah online dengan begitu banyaknya tenaga medis yang ada, yaitu menggunakan aplikasi Halodoc, download sekarang juga.

Itulah beberapa kiat aman yang dapat Anda terapkan agar terhindar dari Virus Corona selama mudik.